Kamis, 30 April 2009

kiat menghindari stress....

Siapa sih yang tidak pernah mengalami stress? Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menghadapi berbagai persoalan yang membuat kita stress. Entah itu masalah keluarga, pekerjaan, maupun permasalahan lainnya, semuanya berpotensi menimbulkan stress.

Bagaimana cara kita untuk menghindari stress ini?

Ada satu kiat praktis yang bisa kita praktekkan agar kita terhindar dari stress. Yaitu belajar dari anak kecil. Anda tentunya pernah mengalami masa-masa menyenangkan di waktu kecil. Coba sekarang Anda bayangkan. Menyenangkan sekali bukan?

Apa yang menarik dari seorang anak kecil? Dunia anak kecil memang dunia yang serba menyenangkan. Bermain-main, bersenda gurau, dan tertawa riang. Pokoknya tidak ada yang tidak menyenangkan. Tanpa beban dan tanpa masalah.

Banyak sekali sifat anak-anak yang kita bawa hingga dewasa. Namun, biasanya yang kita bawa cenderung sifat-sifat yang negatif. Yaitu, sifat manja dan egois atau mau menang sendiri. Iya kan? Hayoo, ngaku saja.

Kalau kita memiliki sifat egois dan manja, itu adalah bawaan sejak kita masih kecil dulu. Mungkin ada baiknya kita belajar mengurangi sifat egois dan manja itu. Karena tidak bermanfaat bagi kita. Sifat egois dan manja itu juga yang sering menyebabkan kita jadi stress.

Kenapa bisa begitu? Karena kita jadi tidak mau berbagi dengan orang lain, saling menyakiti, dan sebagainya. Kok nggak nyambung ya? Hehehe…

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari dunia anak kecil? Banyak sekali, tapi yang jelas intinya adalah tertawa dan tersenyum. Belajarlah untuk tertawa dan tersenyum sekalipun kita lagi menghadapi masalah yang cukup berat.

Tertawa diyakini merupakan obat yang paling mujarab untuk menghilangkan stress. Tapi hati-hati, kalau tertawa terus-terusan dan sering tertawa tanpa sebab, itu adalah ciri-ciri orang yang stress. Hihihi…. (ketawa yuk).

Anda jangan meremehkan masalah tertawa ini ya. Ada lho orang yang sulit untuk tertawa, sampai-sampai ada kursus yang mengajarkan gimana caranya tertawa dan tersenyum. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk tertawa dan tersenyum.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger